Pengertian Otomatisasi kantor
Otomatisasai
perkantoran
adalah semua system informasi formal dan informal terutama yang berkaitan
dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berbeda di dalam maupun
di luar perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi perkantoran merupakan sebuah
rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses
pelaksanaan pekerjaan.
Beberapa
system otomatisasi perkantoran secara formal dan didokumentasikan dengan suatu
prosedur tertulis. System formal ini diterapkan di seluruh perusahaan untuk
memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan sistem informasi manajemen. Namun sebagian besar system otomatisasi perkantoran tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluaannya sendiri. Dan otomatisasi perkantoran dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik secara lisan maupun secra tertulis.
memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan sistem informasi manajemen. Namun sebagian besar system otomatisasi perkantoran tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluaannya sendiri. Dan otomatisasi perkantoran dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik secara lisan maupun secra tertulis.
Asal
mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah
word-processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin tik listriknya. Bukti
nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic
Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik
kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Empat kategori pemakai otomatisasi
kantor
- Manajer adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya manusia.
- Profesional yakni tidak mengelola orang tetapi menyumbang keahlian khususnya (mis. Pembeli, wiraniaga, dan asisten staff khusus). Manajer dan profesional secra bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.
- Sekretaris bisanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
- Clerical Employee (pegawai administratif) melaksanakan tugas untuk-tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen dan mengirimkan surat.
Konsep Otomatisasi Kantor
�� Proses yang terjadi diperkantoran
seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi.
�� Otomatisasi kantor berevolusi dari
aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang
terencana dan terpadu.
�� Otomatisasi kantor memudahkan
penerimaan dan pengiriman informasi.
�� Otomatisasi kantor memberikan
keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik.
�� Otomatisasi kantor sebagai pelengkap
bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
Manfaat otomatisasi kantor
Otomatisasi
perkantoran merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi; mulai
dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara
optimal dan campur tangan manusia secara minimal. Dengan demikian akan membuat
informasi menjadi lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan dirawat.
Pada akhirnya dapat meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi
sehinggga perusahaan mampu berkompetisi lebih baik.
Arus pembangunan otomatisasi kantor
Karena
sejak abad ke-20, perkembangan pesat teknologi Internet dan popularitas di
Cina, memimpin Intranet, Ekstranet, Internet, Pemerintah Online Proyek, proyek
internet perusahaan, e pertengahan-90an-pemerintah, perdagangan e-,
e-government intranet, jaringan perusahaan, digital sistem saraf dan kantor
digital dan serangkaian konsep-konsep baru, wajah konsep-konsep baru,
OA dapat membuat banyak orang menyebut bingung, seolah-olah konsep OA belum disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan, di mana kita lupa bahwa tahap ini untuk pengembangan tahap baru OA. Tahap ini harus menjadi simbol utama dari penggunaan teknologi internet secara luas.
OA dapat membuat banyak orang menyebut bingung, seolah-olah konsep OA belum disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan, di mana kita lupa bahwa tahap ini untuk pengembangan tahap baru OA. Tahap ini harus menjadi simbol utama dari penggunaan teknologi internet secara luas.
Konotasi dan perpanjangan otomasi
kantor
Pada
periode baru, berdasarkan tahun pengalaman dalam otomatisasi kantor dan
teknologi internet, otomatisasi kantor, kami memahami lebih banyak dan lebih
jelas melihat sifat jaringan, otomasi kantor harus ditempatkan di jaringan
internal (Intranet), dari properti kantor, otomatisasi kantor harus ditempatkan
di kantor digital, dari perspektif teknologi informasi, otomasi kantor harus
menjadi dasar konstruksi informasi.
Sifat
dari otomatisasi kantor adalah untuk meningkatkan efisiensi pengambilan
keputusan untuk tujuan tersebut. Dengan menerapkan otomatisasi kantor,
teknologi digital atau kantor, Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan struktur
organisasi yang ada, perubahan manajemen sistem, berdasarkan pada peningkatan
efisiensi, menambahkan kapasitas kantor kolaboratif, memperkuat koherensi
kebijakan, realisasi akhir dari tujuan memperbaiki pengambilan keputusan
kinerja. Otomatisasi kantor didasarkan pada pemahaman dan pengelolaan akumulasi
informasi. Teknologi hanya alat otomatisasi kantor.
Hanya
pada manajemen dan administrasi memiliki pemahaman yang mendalam bisnis, akan
memungkinkan otomatisasi kantor telah menggunakan nya, hanya kantor informasi
yang dihasilkan dalam proses pemesanan akumulasi curah hujan, otomatisasi
kantor untuk bekerja.
Apakah
jiwa perangkat lunak otomatisasi kantor, hardware, otomatisasi kantor adalah
untuk mencapai perlindungan lingkungan. Digital kantor diberi wewenang oleh dua
fitur yang berbeda dan terbuka, melalui lisensi untuk menjamin keselamatan dan
menggunakan berlapis informasi, membuat sistem digital Office dapat
mengaktifkan premis, melalui, buka berbagi informasi membuat kenyataan.
Pengembangan otomatisasi kantor
Otomatisasi
kantor, arah di kantor digital. Kantor digital sehingga disebut bahwa hampir
semua operasi kantor yang diwujudkan dalam lingkungan jaringan. Dari sudut
pandang teknologi, terutama teknologi internet, teknologi keamanan dan
pengembangan perangkat lunak teori, penerapan kantor digital mungkin. Sistem
manajemen dan kebiasaan kerja dari perspektif yang komprehensif digital kantor
masih agak jauh, kantor digital pertama akan memiliki dampak sistem manajemen
yang ada, perubahan struktur manajemen yang ada, dan sistem manajemen perubahan
berarti bahwa hak-hak dan kepentingan redistribusi; manajer lain kebiasaan
kerja yang asli, metode kerja dan sistem hukum memiliki inersia yang kuat,
ambil waktu untuk perubahan dalam waktu singkat. Namun demikian, realisasi
penuh kantor digital adalah kecenderungan yang tak terelakkan dari pengembangan
otomasi kantor.
Kerangka dasar kantor digital
kantor
digital ini berbeda dengan OA tradisional, juga dari pembangunan MIS,
strukturnya adalah struktur jaringan Intranet, yang merupakan gagasan
pembangunan top-down, yaitu, pertama-tama ke jaringan internal secara
keseluruhan, ini seluruh objek online untuk semua pengguna, harus memiliki
dasar, kita menyebut ini platform dasar dalam jaringan, seolah-olah PC harus
memiliki sistem operasi berbasis sama.
Nei
jaringan yang bertanggung jawab untuk semua objek pengguna bertanggung jawab
atas semua sumber daya jaringan (termasuk aplikasi web platform manajemen)
pengelolaan sumber daya jaringan untuk otorisasi terpisah, standar terbuka dan
sumber daya jaringan sampai layanan jaringan umum (seperti pesan, forum,
navigasi, Jiansuo Dia Perhatikan, dll). Berdasarkan platform, plug berbagai
aplikasi bisnis (dipahami sebagai MIS tradisional), aplikasi ini sumber daya
jaringan. Pengguna melalui jaringan antarmuka browser bersatu, jaringan
berdasarkan akses user tersebut untuk memberikan informasi yang sesuai, fitur
dan layanan, memungkinkan pengguna di lingkungan jaringan kantor.
Berpikir teknologi digital kantor
kantor
digital harus memiliki dukungan teknis yang baik, dengan mempertimbangkan
mandat kantor digital dan membuka dua fitur, teknologi harus pilihan teknologi
Internet dan standar, dalam hal ini didasarkan pada penggunaan teknologi yang
berhubungan.
Sangat
diperlukan untuk mencapai kantor alur kerja teknologi digital, yang sekarang
lebih populer sistem e-mail berbasis pada teknologi alur kerja, atau disebut
groupware. Sekarang dengan teknologi WEB, model Intranet berbasis perangkat
lunak alur kerja, lebih dan lebih dari jenis alur kerja secara langsung
menggunakan pesan middleware sebagai sarana pesan, e-mail sistem tanpa
menggunakan platform pesan khusus untuk melakukan . Ini beban lampu perangkat
lunak alur kerja, membuka, mudah baik untuk menjaga, dan mudah untuk
mengintegrasikan sistem bisnis lainnya dan online. Teknologi ini juga digunakan
dalam teknologi dan e-commerce arah yang sama. Oleh karena itu, WEB berbasis
perangkat lunak alur kerja di kantor berikutnya di bidang dominasi digital.
Otomatisasi
kantor, kantor strategi otomasi sesuai dengan situasi kita saat ini dan
permasalahan yang ada, sehingga otomatisasi kantor kami ke jalur perkembangan
yang sehat dan pesat, pada otomatisasi kantor harus mengambil langkah-langkah
berikut:
Penerapan
dalam organisasi, dari sistem tradisional manajemen proyek industri,
profesional dan produk berbasis implementasi sistem kemudi, untuk memastikan
sistem terus berlari pemeliharaan dan upgrade sistem, mengambil kerjasama dan
pembagian kerja secara simultan jalan. Hal ini mungkin sejumlah besar
otomatisasi kantor bisnis adalah inti dari perusahaan perangkat lunak yang
lebih besar profesional.Aspek teknis pemilu: Pilih bertepatan dengan tren
perkembangan dunia teknologi. Teknologi ini masih populer dan tidak dapat
mewakili masa depan akan populer. Tinggi teknologi, standardisasi, keterbukaan
adalah lebih baik. Mendukung pengembangan diri-aplikasi kritis, pengembangan
industri nasional. Struktur teknis, sesegera mungkin dari Klien / struktur
Server mentransfer sistem struktur Browser / Server dan sistem, dengan B /
berpikir S, antarmuka pengguna akhir bersatu untuk browser, sistem aplikasi
semua pada sisi server, sebuah arsitektur tiga-tingkat standar. Sistem beban
ringan, terbuka dan baik, upgrade sistem yang mudah pemeliharaan.
Desain
Sistem Metode: Dengan memperhatikan status otomatisasi kantor di Cina,
menggunakan metode siklus-hidup dan prototyping sangat pesat Kombinasi
tersebut, berdasarkan produk yang ada, terutama untuk prototyping cepat. Dalam
pelaksanaan kepatuhan dengan distribusi seragam penerapan norma-norma dan
prinsip.
Dalam
hal desain, dari desain berorientasi bisnis gilirannya desain tradisional yang
berorientasi pengguna, akan merancang fokus pada pengguna sendiri di lingkup
perspektif desain jaringan internal, dalam hal ini berdasarkan desain dari
bisnis terkait. berpikir berorientasi objek akan diperkenalkan dengan desain
sistem untuk pergi.
Dalam
realisasi metode, dari desain struktur tradisional dan beralih ke sistem
aplikasi yang rumit (CAS) teori untuk mencapai, yaitu, dari kebutuhan bisnis
umum dalam sistem abstrak kritis adaptif kompleks yang dapat beradaptasi dengan
perubahan lingkungan, sistem menggunakan lagi akumulasi hal-hal yang lebih
berharga.
Jenis-jenis aplikasi otomatisasi kantor
Aplikasi
otomatisasi kantor yang telah diketahui, yaitu :
(1).
WORD PROCESSING
Word
processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronic yang secara otomatis
melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau
cetak. Word processing memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah dengan
memberikan kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang
lebih efektif untuk diberikan kepada anggota lain.
Contoh
software : (diambil 1 saja dan free download) OpenOffice.org Writer adalah
salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen
adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export
ke .pdf dengan sekali klik. Memiliki fitur pengolah kata modern seperti
AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan
Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References,
Illustrations, Tables. Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo
cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman
serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah
pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur
terintegrasi melalui satu toolbar).
(2).
ELECTRONIK MAIL
Electronic
mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang
memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan
menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
Metode pengiriman
Untuk
mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat
elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan.
Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Contoh yang dipakai adalah layanan
SMTP dan POP3. Saya menulis surel → e-mail client (di
komputer saya) → SMTP server penyedia
e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si
penerima) → surat dibaca si
penerima Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain
komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat
elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server
lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang
lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang
sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip)
data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat
digital, dan lain-lain) Cara membaca surat elektronik.
Surat
elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila
seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan
satu surat elektronik gratis. Surat elektronik yang diterima akan disimpan di
server surat elektronik ISP.
Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:
•
Dengan cara menggunakan ‘browser’, seperti Internet Explorer atau Mozilla
Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media
web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail.
Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat
elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email
gratis.
• Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
• Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
Etika penggunaan surat elektronik
Etika
dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat
elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
•
Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu
besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang
cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat
elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu,
perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan
batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima
(dan dikirim) penggunanya,
•
Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi
orang yang dituju.
•
Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
•
Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan
mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:dalam menjawab surat
elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas
juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima, o dalam mengutip tulisan orang
ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.
•
Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
• Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
• Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
(3).
VOICE MAIL
Voice
mail persis sama dengan electronic mail. Perbedaannya bahwa anda hanya
mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan
mengetiknya. Dan anda menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah
dikirimkan kepada anda.
Contoh
software: Voice Connector adalah aplikasi untuk menunjang komunikasi dalam
bentuk suara dan teks dalam jaringan lokal. Pengguna dapat memilih penerima
pesan dan berbicara dengannya dalam waktu yang sama tanpa harus menginterupsi
atau menutup aplikasi yang sedang dijalankan. Hal itu dimungkinkan karena
software buatan Aledentsoft ini menggunakan teknologi Quickswitch dan Overlay
Message. Keuntungan tersebut tentunya sangat mendukung bagi bisnis internet
café dan game center.
Fitur
lain yang dimiliki oleh Voice Connector adalah voice mail dimana pengguna dapat
menyimpan pembicaraan dan memutarnya lagi. Hal itu dapat membantu dalam hal
bisnis dan pendidikan. Selain itu, Voice Connector juga dapat mengirimkan pesan
teks. Keduanya baik itu koneksi suara dan teks dapat digunakan secara P2P
(phone to phone atau peer to peer) mode dan juga broadcast mode (pengguna dapat
berbicara dengan banyak pengguna lainnya bersamaan).
(4).
ELECTRONIC CALENDARING
Electronic
calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil
acara yang telah ditetapkan oleh manajer. Electronic calendaring bersifat
khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, karena ia hanya menyusun
terjadinya komunikasi bukan mengkomunikasikan informasi. Contoh : softwarenya
ada.
(5).
AUDIO CONFERENCING
Audio
conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat
hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan
melakukan konferensi. Audio conferencing adalah aplikasi oa pertama yang tidak
memerlukan komputer. Ia hanya memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio
dua arah. Contoh software : FireWire adalah adalah merek dagang Apple sekaligus
nama yang paling populer untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394.
Sony memperkenalkan IEEE 1394 dengan nama i.Link. Meski namanya berbeda-beda,
ketiganya (FireWire, IEEE 1394 dan i.Link) sama-sama menunjuk pada jenis kabel
data yang mampu mengirim data dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada
rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran
penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB.
(6).
VIDEO CONFERENCING
Video
conferencing melengkapi signal audio dan signal video. Peralatan televisi
digunakan untuk mengirim dan menerima signal audio dan video. Orang yang berada
dalam suatu lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang berada di
lokasi lain selagi konferensi dilakukan. Tiga konfigurasi video conferencing (
tergantung pada
peralatan yang digunakan ), yaitu :
peralatan yang digunakan ), yaitu :
1.
Video satu arah dan audio satu arah
2.
Video satu arah dan audio dua arah
3.
Video dan audio dua arah
Pengaplikasiannya
: Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time
(bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat
melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call.
Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web
terkadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan
di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga
Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam
yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam,
bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah
sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui
(biasanya) port USB ataupun port COM.
(7).
COMPUTER CONFERENCING
Computer
conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga memberi kemampuan
seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya
konferensi. Aplikasi ini hampir sama dengan electronic mail, karena kedua
aplikasi ini menggunakan hardware dan software yang sama. Istilah ‘teleconferencing’
digunakan untuk menjelaskan ketiga bentuk alat elektronik untuk konferensi.
Teleconferencing digunakan dalam seluruh proses pemecahan masalah yang gunanya
untuk menukar informasi diantara pemecah masalah (orang-orang yang memecahkan
masalah) yang berada dikotayang berlainan.
Contoh
aplikasi sama seperti AUDIO CONFERENCING.
(8).
FACSIMILE TRANSMISSION
Facsimile
transmission yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang
dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat
salinan atau copy di ujung yang lain. Fax sangat mudah diimplementasikan dan
dioperasikan. Jalur telepon suara dapat berfungsi sebagai channel-nya dan
pengoperasian peralatannya tidak lebih sulit daripada mengoperasikan mesin
fotocopy. Proses kerja mesin faks diawali dengan keharusan bahwa penerima dan
pengirim harus memiliki mesin faks. Pengirim akan memasukkan dokumen yang
hendak dikirim ke bagian feeder mesin faks dan selanjutnya menekan nomor
telepon mesin faks yang dituju. Ketika koneksi telah terjadi dengan mesin faks
tujuan, maka mesin faks akan melakukan scanning dengan membaca area yang sangat
kecil pada dokumen tersebut. Mesin faks tersebut akan mengubahnya menjadi suatu
sinyal listrik untuk kemudian menerjemahkan daerah yang dibaca sebagai daerah
gelap atau terang dengan menandainya “0” untuk gelap dan “1” untuk terang.
Sinyal listrik tersebut lalu ditransmisikan melewati saluran telepon dan menuju
mesin penerima faks. Mesin penerima tersebut kemudian menangkap dan mengartikan
sinyal listrik untuk membuat suatu dokumen yang persis sama dengan aslinya dan
kemudian mencetaknya.
(9).
VIDEOTEXT
Videotext
adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan tampilan materi tekstual
pada layar crt. Materi tekstual dapat berbentuk naratif atau tabulasi, dan ia
disimpan dalam penyimpanan sekunder pada komputer.
(10).
IMAGE STORAGE AND RETRIEVAL
Beberapa
jenis perusahaan mempunyai volume dokumen yang besar, sehingga mereka harus
menyimpannya dalam file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali
jika diperlukan. Untuk mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan
tampilan maka digunakan microform, yang berupa microfilm dan microfiche.
Microform
akan mengurangi kebutuhan ruang yang diperlukan oleh dokumen kertas sampai
sekitar 97%. Image storage and retrieval digunakan dalam pemecahan masalah
ketika ia diperlukan untuk melihat kembali dokumen historis untuk tujuan
pemahaman masalah.
Contohnya
: situs penyedia seperti photobucket
(11).
DESKTOP PUBLISHING
Desktop
publishing atau dtp adalah pembuatan output tercetak yang kualitasnya hampir
sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter. Sistem desktop publishing terdiri
atas mikrokomputer dengan layar crt yang beresolusi tinggi, printer laser,
software desktop publishing. Penggunaan desktop publishing sebagai alat
pemecahan masalah meliputi aplikasi administrasi dan teknis. Penampilan dokumen
iklan yang profesional dan menarik akan memberikan komunikasi yang efektif.
Contoh : Microsoft Publisher adalah sebuah program aplikasi untuk sistem
operasi Windows yang digunakan untuk Desktop publishing. Program ini merupakan
buatan Microsoft Corporation, dan mulai pada versi Microsoft Office System
2003, telah diintegerasikan ke dalam paket tersebut. Kini, namanya menjadi
Microsoft Office Publisher. Versi terbarunya adalah Microsoft Office Publisher
2007 yang terintegrasi dengan Microsoft Office Publisher 2007.
• Komunikasi Informasi. Kata kunci yang membedakan OA dengan
subsistem CBIS lain adalah komunikasi. OA dimaksudkan untuk memudahkan segala
jenis komunikasi, baik lisan maupun tertulis.
• Orang-orang di Dalam dan di Luar Perusahaan. Sistem OA masa kini
memudahkan komunikasi tidak hanya di antara orang-orang di dalam perusahaan,
tetapi juga dengan orang lain di lingkungan perusahaan.
Tujuan Otomatisasi kantor
1.
Penggabungan dan penerapan teknologi
2. Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor
3. Meningkatkan produktifitas dan efektifitas pekerjaan
2. Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor
3. Meningkatkan produktifitas dan efektifitas pekerjaan
Tujuan OA masa kini
1.
Pendapatan yang Lebih Tinggi versus Penghindaran Biaya. Komputer tidak
menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda penambahan pegawai yang
diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
2.
Pemecahan masalah Kelompok. Cara OA berkontribusi pada
komunikasi ke dan dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan
untuk memecahkan masalah kelompok.
3.
Pelengkap – Bukan Pengganti. Sebagai suatu cara komunikasi bisnis, OA
bukan tanpa keterbatasan. OA tidak akan menggantikan semua
komunikasi interpersonal tradisional – percakapan tatap muka, percakapan
telepon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. OA harus bertujuan
melengkapi komunikasi tradisional.
Pengertian Virtual Office
Sebuah
kantor virtual adalah kombinasi dari off-situs alamat tinggal komunikasi dan
layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengurangi biaya kantor tradisional
dengan tetap menjaga profesionalisme bisnis. Istilah ini sering disamakan
dengan “kantor pusat bisnis” atau “eksekutif suite” yang menuntut confensional
sedangkan sewa kantor virtual yang sejati tidak mengharuskan pengeluaran.Secara
umum perkantoran maya dapat didefinisikan sebagai otomatisasi proses bisnis
yang sebelumnya dilakukan secara manual (document-driven) menjadi otomatis
(electronic-driven) sehingga document yang dipergunakan dalam proses bisnis
tidak lagi dalam bentuk hard copy, melainkan dalam bentuk elektronik.
Kantor virtual (Virtual Office) adalah pekerjaan yang dapat dikerjakan di
lokasi geografis manapun selama tempat itu terhubung dengan lokasi tetap
perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik.
Cara Menerapkan Virtual Office
Beberapa
strategi yang dapat dilakukan untuk menerapkan kantor maya adalah sebagai
berikut:
- Menyediakan sumber daya komputer
- Menyediakan sarana akses ke sumber daya informasi
- Menyediakan perlengkapan non komputer
- Menyiapkan sarana telpon yang dapat di forward (dialihkan)
- Menyediakan kelengkapan untuk panggilan konferensi
- Membuat jadwal pertemuan reguler
- Melaksanakan urut‐urutan pekerjaan secara teratur
Manfaat Menerapkan Virtual Office Dalam
Bisnis
1.
Lebih Fleksibel
Dengan
bekerja secara online kita akan lebih fleksibel dalam menetukan waktu kerja
kita. Kita bisa bekerja pagi maupun malam tergantung dari kesanggupan kita.
Karena dengan bekerja online kita tidak akan terikat oleh waktu kerja seperti
jika kita bekerja pada perusahaan yang harus datang pagi dan pulang pada sore
hari.
2.
Hemat Biaya
Memiliki
kantor secara virtual tidak seperti kita memiliki kantor yang lain, disini kita
tidak diharuskan meiliki peralatan-peralatan yang harus ada dan mendukung
keberadaan sebuah kantor. Cukup dengan seperangkat komputer dan sebuah koneksi
internet maka kantor virtual sudah bisa kita miliki. Sehingga dari segi biaya
termasuk bisnis modal kecil dibandingkan dengan kantor permanen yang lain.
3.
Banyak Pilihan Pekerjaan
Dunia
maya merupakan tempat dimana kita bisa menemukan banyak sekali pekerjaan. Bukan
hanya pekerjaan yang ada di Indonesia saja tapi pekerjaan dari luar negeri bisa
kita dapatkan dengan mudah, membuat website atau membuat program yang lain
banyak kita temukan di situs penyedia pekerjaan freelance. Dan enaknya
pekerjaan tersebut bisa kita dapatkan hanya dengan duduk santai di kamar.
4.
Penghasilan Tak Terbatas
Jika
kita serius menjalankan pekerjaan kita secara online, penghasilan kita bisa tak
terbatas. Karena dengan bekerja online kita bisa mendapatkan pemasaran
sebanyak-banyaknya dan honor yang dibayarkan sesuai dengan pekerjaan yang kita
kerjakan.
5.
Banyak mempunyai Waktu Luang Denga Keluarga
Dengan
bekerja secara online kita akan mempunyai waktu dengan keluarga lebih banyak,
karena kita bisa bekerja dari rumah dimana setiap saat kita bisa ketemu dengan
istri dan anak kita. Sehingga hubungan dengan keluargapun menjadi lebih
harmonis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar